Senin, 25 April 2016

Eelume Robot Ular Air Pertama di Dunia

Dari hari ke hari makin banyak perusahaan teknologi yang mengembangkan robot mirip hewan. Bila sebelumnya ada Spot, robot hewan mirip anjing buatan Google, kini ada robot hewan lain bernama Eelume.

Eelume Robot Ular Air Pertama di Dunia

Eelume adalah robot ular buatan perusahaan Statoil, Kongsberg Maritime, dan Norwegian University of Science and Technology (NTNU). Menurut Pal Liljeback, ketua tim pengembang Eelume, robot ini adalah usaha pertama mereka membawa robot ular ke dunia industri.

Eelume mempunyai teknologi spesial yang membuatnya dapat berenang sendiri. Tubuh penuh 'ruas'nya membuat Eelume dapat berenang di air layaknya ular laut, bahkan dari jauh banyak yang menyangka Eelume adalah ular asli.


Meski masih tahap produksi dan belum dijual untuk umum, pengembang Eelume yakin robot ular ini dapat membantu banyak industri merawat atau memperbaiki alat-alat khusus di perairan, misalnya kabel bawah air.

"Eelume dapat dipasang secara permanen di dasar air dan melakukan inspeksi dan perawatan terjadwal pada komponen tertentu," ujar Kongsberg.

Berkat fungsinya ini, Eelume diprediksi dapat mengurangi biaya tinggi yang harus dikeluarkan untuk perawatan teknologi bawah air, yang tentu jauh lebih sulit dibanding yang ada di daratan. (Merdeka)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...