Selasa, 16 Juli 2013

Ilmuan Ciptakan Temukan Paving Block Anti Polusi Udara

Polusi udara didaerah perkotaan selalu jadi masalah utama, banyaknya kendaraan yang melintas dijalan menjadi salah satu sumber utamanya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari solusi mengatasi masalah ini, mulai dari penanaman pohon, uji emisi kendaraan, bahkan rencana penggunaan mobil listrik secara masal yang terbukti raham lingkungan dan bebas emisi pun tengah dikampanyekan. 

 
Ilmuan Belanda Temukan Paving Block Anti Polusi Udara
Trotoar jalan di Hengalo, Belanda telah dipasangi Paving Block Anti Polusi Udara | huffingtonpost.com


Sebuah terobosan baru datang dari sejumlah ilmuwan Eindhoven University of Technology, Belanda, berhasil membuat paving block (bata beton) untuk jalan dan trotoar yang mampu menyerap polusi udara. Penemuan yang telah dipublikasikan pada Journal of Hazardous Materials Paving block ini diklaim mampu mengurangi polusi udara hingga 45 persen.

Teknologi ini telah diujicoba pada sebuah blok jalan di kota Hengalo, Belanda.  Pemasangan teknologi ini pun tidak membutuhkan peralatan khusus, selain materi paving yang telah disemprot lapisan titanium oksida. Bahan ini mampu menyerap dan menghilangkan polutan dari udara untuk kemudian mengubahnya menjadi zat tidak berbahaya.
 

Nitrogen oksida (NOx) merupakan sebutan umum mono-nitrogen oksida NO dan NO2 (nitrogen monoksida dan nitrogen dioksida). Zat ini merupakan jenis gas beracun yang dihasilkan dari reaksi nitrogen dan oksigen saat proses pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor. Hal ini yang menyebabkan tingkat polutan nitrogen oksida di kota besar yang padat kendaraan, sangat tinggi. Gas ini juga yang berperan dalam terciptanya hujan asam serta ozon troposfer. (Viva| Huffingtonpost)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...